• By Admin

STT Migas Gandeng UGM Mulai Fokus Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

KOMITMEN Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan dalam mewujudkan pengajaran berkualitas patut mendapat apresiasi. Kamis (22/2), mereka mengundang pembicara dari Universitas Gadjah Mada (UGM), drg Ika Dewi Ana Mkes PhD untuk memberi materi dalam Stadium General, di Gedung LPPM STT Migas.

Tak hanya menyampaikan materi ke ratusan mahasiswa, perempuan yang menjabat sebagai wakil rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UGM ini juga kepada Ketua Yayasan STT Migas, Lauhil Mahfudz beserta dosen dan ketua program studi di STT Migas Balikpapan.

Kepala LPPM STT Migas Balikpapan Karnila Willard SE BA MBA MA menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program STT Migas untuk memulai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara menyeluruh. Mulai tahun lalu, pihaknya tidak hanya menitikberatkan pada pengajaran, tapi juga mulai melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kita memanggil dari UGM karena jam terbang mereka dalam penelitian jauh lebih lama dan sudah ada hasilnya. Kita juga mau memberikan gambaran konkret bahwa adanya masalah adalah potensi untuk melakukan penelitian yang akan melakukan perbaikan kepada masyarakat, tutur Karnila.

Selain itu, STT Migas akan meningkatkan kerja sama dengan UGM. Kita coba bangun spiritnya dan fokus. Setelah itu, kita coba rencanakan program yang memungkinkan dilakukan STT Migas dengan UGM. Jangan sampai terlalu banyak leverage tapi akhirnya malah tidak fokus dan tidak bisa menyejajarkan diri, katanya.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Ika Dewi memotivasi dan memberikan paradigma mahasiswa STT Migas bahwa jangan melihat sebuah masalah yang ada sebagai sesuatu yang negatif. Coba kita yakinkan bahwa peneliti itu selalu melihat masalah sebagai opportunity. Karena di mana ada masalah, di situ mereka (peneliti) memulai dasarnya penelitian, paparnya.

Mari kita kembalikan paradigma bahwa masalah sebagai halangan itu kita ubah dengan masalah sebagai potensi. Potensi yang  berpeluang bagi para dosen dan mahasiswa serta universitas untuk melakukan riset dan penelitian guna memberikan solusi dan berperan kepada masyarakat, tambahnya. (*/deo/ndu/k15)

Artikel Lainnya

Kerjasama